Demam Kijing di Muara Cimedang Desa SIndangjaya Kecamatan Cikalong


Kerang Kijing (Sepisies Pilsbryoconcha exilis) kata dalam bahasa jawa dalam bahasa melayu di sebut Remis sedangkan dalam bahasa sunda disebut Haremis. Kijing nama sejenis kerang yang biasa hidup di sungai. kijing/Haremis sangat suka mengendap di dasar sungai yang berpasir dan bersuhu dingin. kulitnya berwarna kuning ada juga bagian yang berwarna biru kehitaman. kulitnya keras seperti marmer licin tapi tidak berbulu. jika di buka, akan kelihatan bagian dalamnya yang seperti kepah atau kupang dalam bahasa jawa timur yaitu mirip kerang tetapi putih dan gepeng meleber.
Di daerah kami Muara Cimedang Desa SIndangjaya Kecamatan Cikalong sekarang sedang ada Fenomena Demam Kerang Kijing yang sangat membludak sehingga masyarakat berbondong-berbondong datang ke Muara untuk merasakan dan mendapatkan rejeki dari Kerang kijing tersebut.
"benar sekarang di Muara Cimedang sedang banyak sekali kerang kijing sehingga masyarakat banyak yang datang kemuara untuk mengambil kerang tersebut". Ujar Kepala Wilayah Kp. Sindangraja Kusdinar Bacan.
"mereka ada yang membawa ember membawa Karung beras untuk wadah kerang kijing tersebut, walau dengan peralatan sederhana seperti kayu bahkan banyak yang di gali langsung pakai tangan rata rata perorang bisa membawa satu ember penuh kerang kijing" lanjut Kusdinar menuturkan.











Mereka biasanya langsung mengolah kerang kijing tersebut untuk dijadikan menu makanan dan banyak yang langsung di jual ke tetangga-tetangga desa dan menjadi nilai tambahan ekonomi
Fenomena seperti ini biasanya terjadi ketika setelah banjir besar muara surut sehingga banyak membawa kerang kijing terseret. Ihsan/Ajat Cimedang Lestari

Related Posts:

0 Response to "Demam Kijing di Muara Cimedang Desa SIndangjaya Kecamatan Cikalong"

Post a Comment