Sawo, Si Bulat Kuning dari Desa Sindangjaya yang Banyak Khasiatnya



Apa yang pertama kali terpikirkan jika berpikir tentang buah sawo? Anda tentu akan langsung membayangkan rasanya yang manis atau daging buahnya yang sangat empuk. Tak hanya memiliki rasa yang manis, sawo ternyata memiliki beragam nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Banyak manfaat buah sawo untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan menonsumsi buah yang manis ini.
Banyaknya manfaat sawo bagi kesehatan sangat terkait dengan kandungan zat dan nutrisi di dalam buah sawo. Di dalam sawo, Anda bisa menemukan protein nabati, lemak sehat, kalsium, karbohidrat, fosfor, hingga berbagai vitamin layaknya vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan vitamin E. Tak hanya itu, sawo juga kaya akan kandungan serat.
Berikut adalah berbagai manfaat sawo bagi kesehatan tubuh.

10 Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan

1. Mencegah anemia

Manfaat buah sawo bagi kesehatan yang pertama adalah kemampuannya mencegah anemia. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa sawo ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Adanya kandungan zat besi ini tentu akan membantu tubuh memproduksi sel darah merah dengan baik sehingga akan mencegah terjadinya anemia. Sedangkan, bagi wanita yang lebih berisiko terkena masalah anemia saat haid, ada baiknya memperbanyak konsumsi buah ini menjelang atau sesudah fase menstruasi. Manfaat buah sawo bagi kesehatan ini bisa Anda manfaatkan dengan mengonsumsi sawo, tetapi tetap jangan mengonsumsi  buah ini secara berlebihan.

2. Menjaga kecantikan kulit

Manfaat buah sawo bagi kesehatan yang kedua adalah menjaga kecantikan kulit. Tingginya kandungan vitamin C pada sawo ternyata bisa membantu tubuh untuk mengusir radikal bebas. Tak hanya itu, manfaat sawo bagi kesehatan juga terkait dengan adanya antioksidan dalam sawo. Buah sawo kaya antioksidan bernama polifenol yang bersifat anti peradangan, antiparasit, antivirus, serta antibakteri. Anda pun akan lebih baik dalam mencegah keriput dini sekaligus membuat kulit tetap awet muda.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat sawo bagi kesehatan lainnya adalah berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Tingginya kandungan vitamin A pada sawo membuat tubuh lebih baik dalam menjaga kesehatan mata.

4. Mengatasi wasir dan gangguan pencernaan lainnya

Mereka yang memiliki masalah wasir ada baiknya rutin mengonsumsi sawo, mengingat manfaat buah sawo yang kaya akan kandungan serat dan tanin yang bisa mengatasi peradangan dan infeksi karena wasir. Tak hanya itu, konsumsi sawo ternyata bisa mencegah masalah sembelit, kanker usus besar, sekaligus membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Sangat besar bukan manfaat sawo bagi kesehatan pencernaan ini?

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Khasiat buah sawo lainnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium, fosfor, dan zat besi dalam sawo ternyata bisa membuat tulang dan gigi menjadi lebih sehat dan kuat.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah sawo bagi kesehatan yang keenam adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Buah sawo mengandung sumber sukrosa dan fruktosa alami yang bisa memberi energi untuk tubuh. Kemudian efeknya bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit.

7. Menjaga kesehatan ginjal

Mengonsumsi buah sawo bisa membuat ginjal menjadi lebih bersih. Manfaat buah sawo didapatkan karena senyawa kimia yang akan membuat racun dengan cara meningkatkan volume air seni. Proses ini membuat tubuh menjadi lebih bersih dan sehat. Tentu saja, dampak jangka panjang dari manfaat buah sawo bagi kesehatan ini adalah membuat ginjal terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

8. Mengatasi nyeri otot

Saat otot tubuh Anda bekerja ekstra dampak yang bisa terjadi adalah munculnya nyeri otot pada kaki, tangan, punggung dan pinggang. Manfaat buah sawo berguna karena mengandung bahan alami yang akan mengurangi infeksi akibat bakteri dan virus. Bahan inilah yang penting untuk mencegah otot tubuh menjadi lebih mudah sakit dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

9. Mengatasi stres

Manfaat buah sawo bagi kesehatan tidak hanya terkait dengan kesehatan fisik saja, melainkan juga memberikan dampak positif terhadap psikis. Buah sawo dipercaya mampu menghilangkan stres. Hal ini diakibatkan oleh kandungan obat penenang alami yang membantu tubuh dan sistem saraf menjadi rileks. Khasiat buah sawo lanjutannya adalah membantu mengatasi insomnia dan serangan panik.

10. Mengatasi sariawan

Manfaat buah sawo bagi kesehatan yang terakhir adalah kemampuannya mengatasi radang mulut dan sariwan. Dengan kandungan vitamin A dan C yang tinggi, buah ini mampu menjaga tubuh dari berbagai macam radikal bebas. Pada akhirnya, tubuh akan lebih kuat dan kebal terhadap serangan penyakit.
Source : Doktersehat.com

Related Posts:

0 Response to "Sawo, Si Bulat Kuning dari Desa Sindangjaya yang Banyak Khasiatnya"

Post a Comment