Lebih Efesien, Mengolah Minyak Kelapa hanya dengan Toples Kerupuk













Di Desa Sindangjaya Kecamatan Cikalong banyak sekali buah kelapa yang memang belum bisa bernilai ekonomis tinggi jadi hanya dijual golotrokan sajah itupun harga masih dipermainkan para tengkulak, namun alhamdullilah setelah adanya pelatihan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan yang di prakarsai oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Masarakat Jakarta yang bekerja sama di antarnya denga PT. Krimbil Idjo Jogja yang memang Perushaan ini bergerak dibidang pengolahan kelapa menjadi minyak kelapa bening.

Kami dilatih oleh Direktur Perusahaan tersebut Pak Syaukani Bowo Leksono tentang bagaimana cara pengolahan minyak kelapa yang lebih cepat dan efesien dengan Toples Kerupuk.

caranya :

  1. Kelapa dipilih harus mutlak yang tua dan di belah di pisahkan dengan tempurungnya lalu di cuci bersih.
  2. Setelah proses pencucian kelapa di parut di campur dengan air sesuai takaran di diamkan sebentar lalu di peras memakai alat peras santan supaya hasil santannya bisa lebih maksimal.
  3. Diamkan selama setengah jam kalau lebih juga lebih bagus bisa dilihat setelah terpisah antara air dan santannya, air berada di bawah santan lalu ambil air nya denga proses pemancingan memakai selang kecil ukuran disesuaikan.
  4. Campur santan yang sudah di ambil airnya tadi dengan biang minyak lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.
  5. Masukan kedalam inkubator selama Kurang lebih 12 jam, setelah 12 jam nanti akan ada tiga tahapan di toples tersebut pertama minyaknya kedua belondo nya ketiga air karna air pasti masih tetap ada.
  6. Panen dengan cara pisahkan antar tahap pertama minyak tahap kedua belondo tahap ketiga air
  7. Saring minyak dengan kain yang berwarna putih supaya lebih bersih dan terpisah dari semua kokotor yang ada.

Mungkin ini yang bisa saya dapat dan semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Lebih Efesien, Mengolah Minyak Kelapa hanya dengan Toples Kerupuk"

Post a Comment